MONUMEN NASIONAL

monas-jakarta

Monumen ini dibangun sejak tahun 1961 pada masa Presiden Sukarno hingga selesai tahun 1975 masa Presiden Suharto. Pada saat awal pembangunan banyak dikecam karena dianggap proyek mercusuar padahal saat itu kondisi ekonomi bangsa terpuruk. Tetapi pembangunan terus berjalan hingga Presiden Soeharto.

Monumen ini berbentuk lingga-yoni (alu-lumbung), simbol keperkasaan dan kesuburan, dibangun untuk mengenang pejuang2 kemerdekaan Indonesia. Di atas Monas terdapat patung api atau nyala obor berlapis emas, menjadi lambang kobaran api semangat perjuangan bangsa. Itu sekilas tentang Monas. Tugu Monas terletak di pusat kota Jakarta, karena memang sejak 1980an Monas ini menjadi titik nol Jakarta.

Untuk mencapai Tugu Monas, pengunjung bisa dari arah manapun yang menuju Gambir, karena stasiun kereta ini memang terletak di area Monas. Untuk pengunjung bersepeda motor atau mobil biasanya juga menitipkan mobil di Stasiun Gambir. Di bagian selatan, ada juga pelataran parkir motor dan mobil. Di sebelah utara dan barat terdapat halte TransJakarta. Monas dilengkapi taman dengan jalan berbatu yang bisa digunakan untuk refleksi telapak kaki dengan cara melewatinya dengan kaki telanjang. Di sebelah Barat ada pula dibangun air mancur “menari” dengan iringan musik dan ditambah pancaran sinar-sinar laser membentuk berbagai macam adegan. Atraksi ini biasanya setiap Sabtu mulai pukul 19.00 dan 20.00. Banyak pengunjung yang khusus hadir bersama keluarga menikmati atraksi ini. Patung monas pun juga ditambah dengan penerangan berbagai macam sinar yang berganti-ganti saat malam menambah keindahannya. Untuk masuk ke dalam dan naik ke atas pada hari libur sangat ramai, antrean panjang menanti anda, apalagi jika ada rombongan wisata. Waktu kunjungan monas seperti tertera di loket adalah pk 08.30-17.00 WIB. Buka setiap hari untuk umum, kecuali hari senin minggu terakhir setiap bulan tutup. Saat bulan puasa biasanya jadwal diubah pk 08.30 – 15.30 WIB. Tarif masuk Rp. 2000 untuk umum dan ada tambahan karcis lagi bila mau menikmati Jakarta dari puncak Monas sebesar Rp. 7500 per orang.

 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: